You Are Reading

0

ULASAN 2

Unknown Sabtu, 10 Desember 2016

Sebuah video berjudul "MIPS: Risking It All on RISC" kami pilih untuk diulas pada postingan kali ini. Video ini diunggah melalui akun youtube bernama "ComputerHistory". Inti dari video ini adalah sebuah diskusi antara Presiden Stanford University John Hennessy dan rekannya Bob Miller, Skip Stritter dan Joe DiNucci mengenai MIPS. Durasi dari video tersebut kurang lebih 1 jam 2 menit. Video tersebut telah ditonton kurang lebih sebanyak 13.800 kali dengan like kurang lebih sebanyak 100 orang. Video tersebut dapat ditonton melalui url: https://www.youtube.com/watch?v=3paiCK3dlK0.



Pada tahun 1984, pengembangan MIPS (Microprocessor without Interlocked Pipeline Stages) dimulai, pada tahun yang sama sebuah industri dalam bidang IT juga mulai berkembang yaitu industri “Workstation” dimana semua “Workstation” menggunakan architecture 16-bit dan unix sebagai sistem operasi nya. CEO dari perusahaan pengembang MIPS John Hennessy bersama rekan-rekan kerjanya menerbitkan suatu paper yang menjelaskan tentang “OSI Design” dalam pembuatan Processor MIPS. Karena paper yang mereka buat, semakin banyak mahasiswa dan dosen di berbagai universitas yang mendapat akses ke gagasan “OSI Design”. Dan semakin banyak pula yang mulai membuat processor MIPS nya sendiri dengan “moses” fabrication. Ini merupakan salah satu pendorong perkembangan pada industri ini. MIPS menjadi salah satu enabler utama ledakan pertumbuhan pasar workstation di akhir 1980-an. Pada saat ini, MIPS processors banyak ditemukan di jaringan telekomunikasi, konsol video game, perangkat peripheral komputer, televisi dan PDA.

Menurut kami, konten yang disajikan pada video ini sangat edukatif dan benar-benar menjelaskan secara detail pengembangan dari architecture MIPS dan RISC yang pernah kami pelajari di kuliah Pengantar Organisasi Komputer.

Github account (para) penulis ulasan adalah https://github.com/Emilfs dan https://github.com/fathinrhmn. URL ulasan adalah http://rahmanfathin.blogspot.co.id/2016/12/ulasan2.html . URL video adalah https://www.youtube.com/watch?v=3paiCK3dlK0 dengan durasi kurang lebih 1 jam 2 menit. Tanggal submisi revisi pertama dan terakhir adalah 10 Desember 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Blog Tugas